Musim hujan adalah waktu untuk menikmati pemandangan indah di seluruh desa atau kota dan tidak ada yang mengalahkan sensasi perjalanan panjang di musim ini. Tapi tahukah Anda bahwa ini adalah musim di mana sebagian besar dari kita terjangkit penyakit mematikan jika tidak hati-hati? Tidak hanya itu, terkena demam virus atau batuk dan pilek adalah pemandangan yang cukup umum. Setelah mengetahui hal ini, perjalanan panjang dengan pasangan Anda itu tidak terlihat menjanjikan, bukan? Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang hal itu jika Anda berhati-hati.

Artikel menarik lainya : sehatq.com

Kami telah membuat daftar tips kesehatan untuk musim hujan yang pasti akan membuat Anda tetap fit di musim hujan.

Pertahankan Kebersihan Pribadi

Saat musim hujan tiba, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merawat diri sendiri dengan baik. Ada banyak virus dan bakteri yang mengintai di sekitar kita menunggu untuk menyerang kita dengan kekebalan tubuh yang lemah. Jadi menjaga diri Anda tetap rapi dan bersih dari luar adalah suatu keharusan.

Perkuat Kekebalan Anda

Ketika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, Anda menjadi sasaran empuk bagi sebagian besar infeksi. Cara terbaik untuk memulai sistem pertahanan Anda adalah dengan asupan Vitamin C. Tambahkan bawang putih, sayuran, buah-buahan dan sereal ke dalam makanan Anda. Minum teh hijau juga dapat membantu memperkuat kekebalan Anda.

Kenakan Pakaian dan Alas Kaki yang Bersih dan Kering

Jika pakaian dan sepatu Anda belum dikeringkan dengan benar, jangan memakainya. Pakaian dan sepatu lembab sering menjadi rumah bagi mikroba dan begitu juga cucian kotor. Pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang bersih dan kering.

Tentang Anastesi : Anestesi Lokal

Bersihkan Rumah

Seringkali ada genangan air selama musim hujan. Air yang tergenang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Jadi, menjaga rumah dan lingkungan Anda tetap bersih dan kering menjadi bagian terpenting dari hari hujan.

Minumlah Air Hangat

Meskipun toko jus pinggir jalan terlihat menggoda, Anda harus melawan godaan selama musim hujan. Anda tidak pernah tahu apakah air yang digunakan dalam membuat jus terinfeksi. Pastikan Anda hanya minum air matang. Air yang terkontaminasi dapat membuat Anda berisiko tertular penyakit yang terbawa air.

Rebus Sayuran dengan Benar

Sayuran mentah dapat membawa kuman selama musim hujan. Mencuci mereka secara menyeluruh dan merebusnya adalah hal yang paling penting. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari tertular penyakit berbahaya yang ditularkan melalui air.

Tidur nyenyak

Lebih sedikit jam tidur tidak hanya membuat Anda rewel tetapi juga lemah. Anda lebih cenderung menarik flu. Pastikan Anda banyak tidur di malam hari sehingga Anda bangun dengan perasaan segar dan aktif baik secara fisik maupun mental.

Mandi di Basahi Hujan

Jika Anda basah kuyup, mandilah dan keringkan rambut Anda segera. Rambut dan pakaian yang basah dapat menarik virus penyebab flu. Jika Anda terserang flu, mandilah dengan air panas. Ini akan mencegah virus menyebar dan merawat sakit tenggorokan yang disebabkan oleh flu.

Olahraga

Berolahraga setiap hari dapat membantu Anda tetap bugar dan sehat ketika sedang keluar. Meskipun rutinitas olahraga Anda telah berkurang, Anda masih dapat terus berolahraga dengan latihan dalam ruangan sederhana seperti burpe, squat, push-up, lunge, papan, dll.

Cuci tanganmu

Ketika Anda kembali ke rumah, atau sebelum menyentuh makanan Anda, pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau cuci tangan. Dengan cara ini, tidak ada mikroba yang masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan. Pastikan Anda tidak menyentuh mata, hidung, atau telinga Anda sebelum mencuci tangan.